Lingkungan sebagai sumber belajar

Salah satu karakteristik Kurikulum 2013 adalah menempatkan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar. Dengan memanfaatkan lingkungan diharapkan pembelajaran yang berlangsung akan lebih bermakna, menyenangkan, dan menantang. Di samping itu hasil belajar akan lebih lama diingat dalam pikiran anak. Sebab dengan memanfaatkan lingkungan yang ada, maka anak merasa sebagai bagian dari lingkungan tersebut.



Bertitik tolak dari hal tersebut maka pembelajarn di SDN Wonosari II senantiasa menggunakan media obyek langsung atau bahkan terjun langsung menggunakan lingkungan sebagai alat pembelajaran. Seperti yang terjadi pada Senin (19/2) anak-anak kelas V di ajak ke luar ruang dengan membawa berbagai macam bahan dan benda seperti sirup, es batu, lilin, parafin, nugget beku, dll. Mereka baru mempelajari pengarus suhu terhadap perubahan benda. 



 



 



YCh. Hardiyana, S.Pd, Guru Kelas yang mendampingi belajar anak-anak mengatakan "Dengan memanfaatkan sinar dan suhu matahari secara langsung, serta anak-anak mencatat sendiri proses perubahan benda, diharapkan pelajaran yang idsampaikan tidak hanya bersifat teoritik saja. Namun anak-anak mengalami langsung"







 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 


Kegiatan

Berita

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul